Pages

Search

 

03 February 2008

[IT] Acer Review

Acer, Produk dan Teknologinya

7effrey.blogspot.com - Acer merupakan salah satu dari 5 besar produsen IT terbesar di dunia saat ini sehingga kualitas produk-produk Acer yang meliputi: notebook, desktop PC, computer server, LCD (Liquid Crystal Display) Monitor, dan TV resolusi tinggi serta proyektor ini tidak perlu diragukan lagi. Acer Inc. yang telah berdiri sejak tahun 1976 ini memiliki 5300 orang agen dan distributor yang tersebar di lebih dari 100 negara. Pendapatan Acer secara global pada tahun 2006 mencapai US$11.32 milyar, hal ini menunjukkan bahwa inovasi-inovasi yang dilakukan Acer terhadap produknya sesuai dengan selera masyarakat dan perkembangan teknologi. Selain itu, konsep bisnis yang dianut oleh Acer, yakni: Channel Business Model yang sangat mendukung kerja sama dengan mitra dan pemasok, dengan focus pada suppy chain management serta riset dan pengembangan juga turut mendukung kesuksesan Acer tak hanya di pasar global tetapi juga di Indonesia.

Sta Shin dari Acer berpendapat bahwa terdapat dua gaya manajemen dalam perusahaan IT, yaitu : Technology Centric dan Customer Centric. yang keduanya saling berlawanan. Sta Shin dalam pengantarnya pada buku “Branding in Asia” mengatakan: “Memang benar bahwa hanya produk, teknologi, dan jasa inovatif yang dapat memberikan kualitas dan nilai yang tinggi kepada pelanggan yang akan dapat mempertahankan usaha di era baru yang kompetitif ini. Akan tetapi, faktor yang tidak bisa dihindari adalah kenyataan bahwa merek menjual“. Berdasarkan pendapat tersebut, Acer berusaha untuk mengubah gaya manajemennya dengan menggabungkan Technology Centric dan Customer Centric. Menyadari bahwa industri computer selama ini lebih berorientasi pada teknologi, Acer mencoba lebih menitik beratkan produknya pada konsumen. Oleh karena itu, slogan Acer “Empowering People” dan “Empowering Technology” berusaha mencerminkan upaya tersebut.

Dengan slogan “Empowering Technology”, Acer mendesain software berupa interface yang mampu memberikan kemudahan bagi konsumen dalam menggunakan teknologi. Dengan konsep ini, Acer berusaha memberdayakan manusia melalui teknologi yang disediakan di tiap produk sebagai nilai tambah produk. Teknologi keluaran Acer ini diharapkan dapat menjembatani kesenjangan antara teknologi dan pengguna computer, khususnya di Indonesia. Produk ini dirancang untuk membantu para pengguna computer dalam melakukan berbagai konfigurasi. Hal ini akan menjadikan produk Acer tidak hanya berguna secara standar, tetapi juga dapat digunakan secara optimal sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam setiap aktivitasnya.

Empowering Technology yang beroperasi dalam Windows XP ini memudahkan pengguna computer untuk mengakses fasilitas dan konfigurasi yang sering digunakan. Empowering Technology terdapat hampir di seluruh produk Acer, seperti: notebook, proyektor, LCD, dan TV yang tentunya dengan konfigurasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna hanya perlu menekan tombol Empowering Key dan secara otomatis akan muncul proses 1-2-3 yang akan memudahkan pengguna dalam mengerjakan tugas-tugas tertentu. Kini, Empowering Technology toolbar (tersedia untuk semua produk notebook dan desktop Acer) juga semakin memudahkan penggemar setia Acer dibandingkan sebelumnya. Dengan tampilan yang semakin menyatu, cepat untuk digunakan, dan mudah diakses dari desktop, fasilitas Empowering Technology dapat diaktifkan cukup hanya dengan sekali klik atau masuk Widget mode dimana tampilan yang penuh warna memungkinkan pengesetan secara cepat. Jadi, keuntungan yang diberikan Empowering Technology singkatnya adalah mudah diakses, setiap proses hanya perlu diselesaikan dalam 3 langkah, user friendly tetapi memiliki kemampuan yang menakjubkan, serta tampilan yang benar-benar menyatu.

Acer menawarkan beberapa fitur Empowering Technology untuk notebook yang tentunya sangat berguna bagi pengguna notebook Acer. Bagi eksekutif dengan mobilitas yang tinggi, Acer eNet Management akan memberikan kemudahan dalam konfigurasi internet ketika mereka berpindah-pindah lokasi. Pengguna notebook Acer hanya perlu mengubah profil posisi pengguna notebook pada saat itu dan Acer eNet Management akan menyelesaikan konfigurasi – konfigurasi lain yang perlu dilakukan. Singkatnya, Acer eNet Management akan memudahkan kita untuk mengkonfigurasi profil koneksi internet berdasarkan lokasi, konfigrasi printer dan folder yang dipakai secara bersama dan menyelesaikan masalah – masalah network connection.

Efisiensi dan daya tahan baterai juga merupakan momok bagi pengguna notebook. Bagi wiraswastawan yang menghabiskan banyak waktu untuk bepergian dari satu client ke client yang lain seperti bekerja di kantor sendiri di rumah, Acer ePower Management akan memberikan kemudahan dan kentungan dalam mengatur efisiensi baterai sehingga wiraswastawan tersebut dapat meninggalkan adaptor AC miliknya di rumah dan dapat bepergian dengan ringan tetapi masih memiliki daya tahan baterai yang dibutuhkan. Acer ePower Management akan menampilkan tampilan yang memberi kemudahan bagi pengguna notebook Acer hanya dengan single-click untuk mengatur bagaimana baterai tersebut digunakan. Dengan demikian, pengguna notebook Acer dapat memperpanjang daya tahan baterai dengan memvariasi penggunaan energi tergantung pada kebutuhan pengguna pada saat itu, misalnya: mengatur brightness, mengatur kecepatan prosessor, mengatur metode pendingin notebook, dan lain sebagainya sehingga pengguna notebook dapat memperkirakan sendiri apa yang diperlukan agar pekerjaannya dapat terselesaikan. Jadi, Acer e Power Management mampu mengatur power scheme hanya dengan satu klik, empat profil power schemes yang telah didefinisikan dan juga pilihan untuk membuat profil pemakaian baterai sendiri, serta menampilkan indicator status baterai secara real time.

Fitur lainnya adalah Acer ePresentation Management yang memudahkan pengguna notebook Acer untuk mengkoneksikan notebook Acer ke proyektor dan alat display eksternal yang lain. Bagi orang yang sering memberikan presentasi kepada klien, mereka akan menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mempersiapkan file presentasinya sehingga mereka kadang – kadang tidak mempunyai waktu lebih untuk menkonfigurasi proyektor, menyesuaikan resolusi ataupun menjalankan kembali notebook mereka. Acer ePresentation Management akan menghubungkan notebook ke proyektor dengan cepat dan simple tanpa memperdulikan merek dari proyektor yang sedang digunakan. Pengguna notebook Acer hanya perlu memilih resolusi yang mereka perlukan dari Acer ePresentation. Kesimpulannya, Acer ePresentation Management akan memberi kemudahan untuk mempersiapkan presentasi tanpa harus me-restart kompter, memilih resolusi proyektor diantara dua pilihan yang ada, dan mengembalikan konfigurasi original hanya dengan satu klik.

Acer eData Security Management merupakan software Empowering Technology lainnya yang disediakan oleh Acer. Acer eData Security Management adalah alat enkripsi file yang menyediakan password dan enkripsi keamanan tingkat tinggi untuk melindungi file-file dari akses yang dilakukan oleh user yang tidak dikenal. Fitur ini akan bekerja dengan Windows Explorer sebagai shell extension untuk melakukan enkripsi dan dekripsi secara cepat dan juga mendukung enkripsi untuk MSN Messenger dan Microsoft Outlook. Acer eData Security Management jga mendukung Personal Secure Disk yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang aman untuk data yang penting. Bagi orang yang pekerjaannya sangat rahasia dan banyak menyimpan data-data penting seperti orang yang di perusahaan keamanan internet, software ini akan sangat berguna untuk menyelamatkan data – data penting sehingga mereka dapat melanjutkan pekerjaan mereka dengan aman dari ancaman para hacker. Jadi secara singkat, Acer eData Secrity Management merupakan software untuk enksipsi dan dekripsi file di Microsoft Windows, enkripsi file surat menggunakan Microsoft Outlook, mengirimkan file enkripsi dengan menggunakan MSN Messenger, dan mengamankan file dengan menggunakan Personal Secure Disk.

Untuk software keamanan notebook, selain software Acer eData Management, Acer juga menyediakan software Acer eLock Management yang merupakan alat pengaman yang memungkinkan pengguna notebook Acer untuk mengunci data removable, optical drive dan juga floppy drive dengan password untuk meyakinkan bahwa data tersebut tidak dapat dicuri ketika computer sedang tidak digunakan. Software ini mampu melindungi removable storage devices seperti: USB disk drive, MP3 Player, memory card reader, firewire disk drive dan device lain yang dianggap sebagai file system ketika dihubungkan ke dalam computer, dan jga CD / DVD – ROM drive dan 3.5-inch floppy disk drive. Acer eLock Management sangat berguna bagi orang yang sering meninggalkan komputernya dalam waktu lama dan keadaan aktif sehingga memungkinkan orang lain untuk mengakses data-data yang terdapat pada computer itu, apalagi jika data - data yang tersimpan penting maka akan sangat membahayakan. Dengan Acer eLock Management, orang tersebut dapat meninggalkan komputernya sendirian dan juga dapat berkonsentrasi menjalankan tugasnya serta tidak perlu khawatir tentang data – datanya yang mungkin dikopi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Singkat kata, Acer eLock Management memberikan fasilitas untuk membatasi akses ke media penyimpanan removable, menghentikan orang yang tidak berkepentingan mencetak data – data yang ada di dalam computer dan juga melindungi data – data penting dengan menggunakan password.

Untuk keamanan data – data yang ada di dalam kompter dari kemungkinan terhapus secara sengaja maupun tidak disengaja, Empowering Technology menawarkan software Acer eRecovery Management yang merupakan software serba guna yang bekerja sebagai archive manager berupa backup data dan juga recovery disk yang berisi driver dan aplikasi system original. Software ini menggunakan image standar dari pabrik yang mengalokasikan tempat di dalam hidden partition pada hard disk drive system dan menyediakan aplikasi proteksi password atau driver recovery, dan image atau data backup dan recovery. Bagi orang yang pekerjaannya berhubungan dengan programming dan pengetesan kompatibilitas hardware, Acer eRecovery Management tentu akan sangat berguna untuk mem-back up dan restore konfigrasi system sehingga notebook Acer-nya akan selalu normal jika sewaktu – waktu terjadi kerusakan kinerja system. Jadi, secara umum Acer eRecovery Management berfungsi untuk membuat dan mengatur data – data backup, mengembalikan system dari archive terakhir yang dimiliki, mengembalikan system seperti saat pertama kali kita membelinya, dan melakukan instalasi ulang driver dan aplikasi original.

Software terakhir dari Empowering Technology adalah Acer eSettings Management yang merupakan alat serba guna yang menawarkan fasilitas control yang lengkap mengenai kinerja system, melalui interface yang simple namun efektif. Software ini membuat perubahan pengaturan dan konfigurasi menjadi sangat mudah dan nyaman karena terdapat dalam satu window. Bagi seorang IT consultant, Acer eSettings Management tentunya akan memudahkan dan meringankan kerja mereka dalam mengatur jaringan Personal Computer perusahaan. Singkatnya, Acer eSettings Management digunakan untuk melihat informasi system, mengganti boot options ataupun security options, dan juga menentukan asset tags.

Selain teknologi-teknologi di atas, masih banyak teknologi – teknologi lain yang digunakan oleh Acer. Acer DASP (Disk Anti Shock Protection) memiliki kemampuan meredam getaran dan menyelamatkan mata harddisk dengan memarkirnya ke tempat yang aman. Acer DASP dilengkapi juga dengan Acer Gravi Sense yang bisa mendeteksi jika ada gerakan sekecil apapun pada notebook, jadi ketikan notebook yang dilengkapi teknologi ini jatuh maka harddisk sudah diparkir ke tempat yang aman sehingga informasi yang tersimpan di dalamnya pun dapat diselamatkan. Fitur lain yang dibenamkan Acer pada produknya adalah teknologi anti maling atau Acer Anti Theft Technology yang terdapat pada notebook Travelmate seri 3010 dan 8200. Jika fitur ini diaktifkan, maka notebook akan langsng berbunyi keras seperti alarm jika notebook digeser atau dipindah dari tempatnya. Sehingga, kemungkinan untuk kehilangan notebook dapat diminimalisir karena pencurian notebook akan segera ketahuan dengan adanya alarm. Selain itu, Acer jga memiliki fitur Orbicam yang dilengkapi dengan kamera 1.3 MP, fitur ini bisa melakukan penyesuaian jika objek terlalu jauh ataupun dekat. Untuk melakukan chatting, penggunanya bisa menggunakan fitur kamuflase dengan berbagai bentuk animasi yang tersedia seperti ikan atau menambahkan aksesoris gambar lainnya pada wajah objek. Untuk mengaktifkan kamuflase, notebook Acer akan menandai 22 titik di wajah yang digunakan untuk melakukan komunikasi, ikan tersebut akan bergerak sesuai dengan gerakan yang dibuat oleh objek yang berbicara. Fitur lainnya adalah fitur Acer Bluetooth Voice over Internet Protocol dimana kita dapat melakukan video conference dengan menggunakan Bluetooth VOIP. Acer Gridvista memiliki kemampuan untuk menggunakan dua layar dimana setiap layarnya dapat dibagi menjadi 4 windows yang dapat dibuat transparan. Untuk memudahkan koneksi wi-fi, Acer Signal Up mampu menghasilkan signal yang lebih baik sehingga koneksi wi-fi dapat berjalan dengan lebih lancar. Koneksi wi-fi tentunya akan menguras power dari notebook, teknologi Acer Quic Charge pada seri Acer TravelMate 8210 mampu mengisi ulang baterai notebook hingga 80% hanya dalam waktu satu jam untuk melanjutkan gaya hidup computer. Masalah Desain, Acer telah mengimplementasikan fitur Acer’s Folio Design pada Acer Aspire dan Acer Travelmate.


Produk – produk notebook dari Acer secara umum terdiri dari 4 seri, yaitu: Aspire, Travelmate, Ferrari, dan Tablet PC. Acer Aspire lebih ditujukan pada hiburan multimedia dengan performa yang luar biasa, meliputi: grafis yang baik, ultra bright screen, dan juga konektivitas yang lengkap. Biasanya, sasaran Acer Aspire adalah kalangan mid-end ke atas karena harganya yang terjangkau. Sedangkan sasaran Acer Travelmate adalah kalangan professional yang memerlukan produktivitas tinggi, pengaturan yang mudah, konektivitas yang lengkap untuk perusahaan, dan fitur keamanan yang memadai. Bagi orang yang menginginkan notebook dengan teknologi yang paling canggih dan desain yang eksklusif, Acer Ferrari merupakan pilihan yang tepat bagi mereka. Setiap bagian desain notebook Acer Ferrari mengadopsi teknologi dan karakteristik dari mobil balap Ferrari karena desainnya harus mendapat persetujuan dari Scuderia Ferrari. Kerja sama antara dua perusahaan yang terus menerus berinovasi ini menghasilkan suatu notebook dengan kinerja yang lar biasa dan keanggunan yang menawan. Seri yang terakhir, yaitu: Tablet PC merupakan evolusi dari notebook yang menawarkan mobilitas tinggi, performa yang dapat diandalkan dan juga input pen functionality yang sangat nyaman dipakai. Seluruh produk dari Acer ini merupakan produk-produk berkualitas dengan performa hebat namun dengan harga yang terjangkau.

Daftar Pustaka

www.acer.co.id

www.republika.co.id

zepbees.wordpress.com

www.agus.suhartono.net

No comments: