Pages

Search

 

09 February 2008

[IT] EVDO, kapan akan dirilis???

7effrey.blogspot.com - Tidak lama lagi salah satu penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia akan meluncurkan teknologi koneksi internet secara wireless dengan kecepatan yang sangat tinggi, hingga 608 Kbps. Teknologi ini punya nama Evolution Data Only (EvDO). Yang cukup aneh, launching teknologi EvDO yang pertama di Indonesia bukan dilakukan di pulau Jawa, melainkan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Belum ada pernyataan resmi dari pihak provider tentang alasan ini.

Apakah EVDO itu ?

EVDO atau EvDO atau EV-DO merupakan teknologi generasi 3 (3G) yang memungkinkan data, suara, dan gambar dapat ditransmisikan bersamaan dengan transfer rate yang cukup cepat, minimal setara dengan koneksi DSL.

EvDO punya keunggulan dalam hal kecepatan transfer data yang hampir sepuluh kali lipat kecepatan modem yang biasa kita gunakan. Itu pun belum sepenuhnya. Jika antena dan Backbone yang men-support dapat dikembangkan, maka data transfernya bisa sampai 1,8 Mbps hingga 2,0 Mbps.

EvDO menggunakan teknologi relay dari BTS (Base Transceiver Station) terdekat yang telah di-install card EvDO. Syaratnya, BTS tersebut harus punya back up koneksi hingga 6 Mbps per BTS-nya. Jika melihat spesifikasi standar dari teknologi EvDO, maka anda mendapat kecepatan sebesar 3,1 Mbps untuk download dan 1,8 Mbps untuk upload.

Pengguna teknologi koneksi ADSL atau dial up akan punya pilihan baru untuk mendapatkan koneksi internet. Dengan kecepatan tinggi, namun tetap bisa koneksi dari mana pun.

Perubahan Gaya Hidup

Penulis sempat mendapatkan sneak preview dari kehebatan teknologi EvDO langsung di Balikpapan menjelang pertandingan final Piala Dunia antara Italia vs Perancis. Penulis menggunakan teknologi ini untuk menonton bola dengan video streaming ke server FIFA yang menayangkan langsung pertandingan tersebut.

Sampai pertandingan berakhir, video streaming yang kami nikmati seolah adalah tayangan TV biasa tanpa ada gangguan proses buffering atau delay. Kami juga mencoba melakukan proses download file sebesar 150 MB dari server yg ada di Amerika. Waktu yang diperlukan benar-benar cepat, hanya 25 menit!

Anda tidak lagi memerlukan atau mencari lokasi-lokasi HotSpot atau area yang punya koneksi Wi-Fi untuk melakukan koneksi ke internet. Dengan EvDO, anda-lah HotSpot-nya.

Notebook yang anda gunakan untuk men-download e-mail, browsing, atau teleconference dengan relasi dapat dibawa kemana pun selama masih mendapatkan signal dari provider.

Akan ada beberapa teknologi koneksi yang dapat digeser dengan kehadiran EvDO ini. Seperti WIMAX, WiFi, ADSL, dan dial up. Dengan kecepatan koneksi real time yang sempat penulis capture saat trial langsung di kota Balikpapan. Hasilnya berkisar antara 350 Kbps hingga 800 Kbps. Itu pun dilakukan dengan cara bergerak dari tengah kota menuju ke bandara Sepinggan, gerak mobil hampir tidak memberi pengaruh berarti pada saat perpindahan antar BTS.

Kenapa tidak semua operator CDMA 1X mengimplementasi EvDO ? Jawabannya adalah kesediaan dari provider tersebut untuk melakukan investasi besar pada BTS mereka dengan menambah ruang untuk transmisi data daripada voice. Padahal, di Indonesia masih banyak provider telekomunikasi yang bermasalah dalam jalur voice mereka. (Jawa Pos)

No comments: